KOPERADES PURWOJATI



Koperades Purwojati


KOPERADES  adalah singkatan dari Koperasi Angkutan Desa yaitu salah satu Transportasi desa yang memang hanya ada di Pedesaan tidak di perkotaan.
Kalau diPerkotaan namanya Angkutan Kota ( Angkot ).

Karena di Pedesaan namanya Angkutan Desa yang dikelola swadaya oleh badan koperasi maka disebut sebagai KOPERADES ( Koperasi Angkutan Desa ).

Begitu juga yang ada di Kecamatan Purwojati Angkutan masalnya namanya KOPERADES dan terbagi menjadi beberapa Rute.
Diantaranya :

1.       Rute KOPERADES Purwojati – Wangon PP
Yaitu dari Terminal Purwojati (Depan Pasar Purwojati) Tujuan Terminal Wangon dan sebaliknya . melalui Tinggarwangi ( Gentawangi ) – Margasana –Jatilawang – Tinggarjaya – Klapagading dan berakhir di Terminal Wangon.

2.       Rute KOPERADES Purwojati – Ajibarang PP
Yaitu dari Terminal Purwojati Tujuan Terminal Ajibarang dan sebaliknya
Melalui : Karangtalun lor (Dawuan) – Kaliwangi – Kalitapen – Jingkang – Sawangan – Kalibenda – Pancur Rendang – Berakhir di Terminal Ajibarang.

3.       Rute KOPERADES Purwojati – Cilongok PP
Yaitu dari Terminal Purwojati Tujuan Terminal Cilongok dan sebaliknya.
Melalui : Klapasawit – karangmangu – Kaliputih – Jatisaba – Penusupan – Sudimara – Berakhir di Terminal Cilongok.

Dari Rute Rute tersebut  Ternyata masih belum bisa menampung atau mengakomodir masyarakat terutama yang tidak terlewati Angkutan Pedesaan (KOPERADES) .

Yaitu seperti Desa Karangtalun Kidul , Gerduren , dan kaliurip.

KOPERADES yang ada di Purwojati ini rata-rata beroperasi antara jam 05.30 Pagi sampai dengan jam 17.00 sore.

Diluar jam tersebut masyarakat harus rela mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi dengan menggunakan Taksi Gelap (mobil pribadi baik Minibus maupun Truk) , atau menggunakan Ojeg demi sampai ke Rumah atau Tujuan.

Nah KOPERADES yang ada dan terdaftar sebetulnya banyak armadanya dan Layak Jalan, akan tetapi menurut survey yang beroperasi hanya beberapa atau sedikit .
Ini dikarenakan menurut para supir KOPERADES yang ada Penumpangnya sepi dan kadang-kadang hanya cukup untuk menutup Setoran.
Semoga keDepanya lebih bisa Beroperasi semuanya dan betul-betul mampu menjadi armada Transportasi Satu-satunya di Purwojati yang melayani Umum secara maksimal.

Demikian sekilas info mengenai Transportasi Armada Pedesaan yang ada di Kecamatan Purwojati.
Semoga informasi yang sederhana dan singkat ini bisa menjadi panduan masyarakat luas mengenai Moda Transportasi Umum. (Terutama di kecamatan Purwojati )
Jika ada salah salah kata atau Tulisan juga yang menyinggung pembaca Mohon kiranya di Maafkan.
Terimakasih .


Purwojati 23-10-2014
Admin