DEGRIK PURWOJATI BANYUMAS JAWA TENGAH


DEGRIK…………………………………..

Kalau menurut ceritanya : DEGRIK asal kata dari BELANDA yang artinya menjulang tinggi ?
Di DESA PURWOJATI tepatnya di sebelah kanan kantor kecamatan ada deretan pegunungan yang sangat Indah . bahkan kalau kita amati mungkin bisa di jadikan OBYEK PARIWISATA.
Nah …Di antara sederetan gunung tersebut menyembul satu yang kata warga dari jaman dulu kala di sebut DEGRIK ?
Di kata demikian karena menjulang tinggi dan LAZIM digunakan untuk SURVEY LOKASI atau untuk melihat dan memandang SEKITAR PEGUNUNGAN.
Jauh sebelum anak anak saya ajak kesana …untuk melihat pemandangan DESA PURWOJATI , Saya waktu kecil sudah sering mampir untuk sekedar menikmati PEMANDANGAN Dari PUNCAK atau DEGRIK yang sedang kita bahas ini.

Namun …seiring kemajuan Jaman dan Pergeseran Ekonomi Indonesia , dan berImbas pada warga kampung Purwojati, DEGRIK yang dulu menjadi Legenda warga sekitar kinipun bergeser menjadi lahan Tidur .
Itu di karenakan Pemilik baru yang kata warga sekitar telah di beli kepemilikanya oleh Cukong dari Jakarta.

Kemudian saya Pun memberanikan diri untuk tetap kesana dan duduk duduk sambil memandang ke bawah di mana DESAKU bisa di lihat seperti PETA nya Google.

Sambil menikmati CIMPLUNG : SINGKONG REBUS DENGAN GULA MERAH, kesukaaanku , dan tak terasa telah habis 3 batang rokok , kembali PIKIRAN ini menanyakan ?
KAPAN KAH ? DESA PURWOJATI bisa berkembang pesat seperti Desa desa lain yang telah lebih dulu berkembang oleh karena peraturan daerah OTONOMI.

Suatu Khayalan anak Kampung untuk membuat kampung halaman menjadi DESA INVESTASI, dengan beragam penawaran : baik INDUSTRI , TEKNOLOGI ataupun PARIWISATA ?

Apa mungkin ?....

Bahkan Di KOTA kabupaten Banyumas ………kalau kita Tanya DESA PURWOJATI mereka akan menjawab tidak tahu ?

Betapa DESA PURWOJATI sangat terpencil dan kurang akan SOSIALISASI .
Menyedihkan …rasanya.
Tapi setidaknya ada beberapa yang seperti saya punya keinginan dan Impian untuk membuat DESAKU menjadi salah satu alternetif INVESTASI , baik jangka panjang maupun menengah.

Semoga Impian dan Khayalan tentang DESA yang penuh dengan INDUSTRI dan Menjadi ALternatif INVESTASI ini bisa terwujudkan. Amin.

Sekiranya cerita rakyat tentang DEGRIK yang menjadi harapan dan kebanggan warga kampung purwojati akan menjadi tempat pariwisata ini dapat segera terwujud.

demikian sekilas pandang mengenai DEGRIK ?
semoga dapat menjadi pelajaran untuk merenung kepada semua orang di INDONESIA untuk kembali kepada kampung halaman masing masing.

jangan sampai apa yang di alami DEGRIK di alami juga oleh kampung lain di Indonesia ini.

Sekiranya demikian lah ulasan yang bisa di ungkapkan.
Mohon maaf atas kesalahan.
Terima kasih




Indonesia 02/2009